7 Manfaat Batu Cadas Untuk Pondasi

Jika dilihat secara geologi, batu cadas merupakan jenis bebatuan plutonik luar dengan tingkat kekerasan sedang dan banyak ditemukan pada pegunungan gamping sehingga sering dipakai sebagai bahan bangunan, pondasi rumah dan berbagai manfaat batu alam lainnya.

Batu cadas ini terbentuk dalam proses membekunya lava yang keluar dari perut bumi sehingga manfaat gunung berapi bisa digunakan masyarakat, namun proses pembentukan batu tidak terlalu sempurna sebab berpengaruh pada kadar oksigen yang tinggi sehingga batu ini termasuk batu yang rapuh. Batu cadas ini memiliki ciri berwarna hitam, permukaan yang tidak rata dan sedikit bergelombang. Berikut ini, kami akan memberikan apa saja manfaat batu cadas yang bisa digunakan oleh manusia selengkapnya.

  1. Pondasi Bangunan Tradisional

Para penduduk Bali sangat banyak menggunakan batu cadas ini sebagai bahan bangunan sebagai manfaat pondasi rumah yang dikombinasikan dengan batu bata seperti contohnya membangun tempat tinggal, pura, candi, arca, tiang penyangga bangunan dan berbagai bangunan khas Bali lainnya.

  1. Menjernihkan Air

Manfaat air minum masyarakat bersih di beberapa daerah pedesaan dan juga kota memang harus dijaga kebersihannya. Salah satu cara menjernihkan air bisa dilakukan secara alami atau kimia. Salah satu kegunaan baru cadar ini adalah menjadi bahan utama untuk membersihkan air secara alami yang nantinya akan dicampur kembali dengan bahan lain seperti arang tempurung kelapa, kerikil, batu, pasir dan sebagainya.

  1. Menjaga Ekosistem

Batu cadas yang terdapat di sepanjang aliran sungai sangat berguna untuk menjaga ekosistem yang terdapat dalam sungai tersebut seperti binatang air dan tanaman yang ada di sungai tersebut. Dengan adanya batuan cadas ini, maka manfaat sungai bisa tetap dilestarikan dan dijadikan tempat tinggal berbagai hewan dan tumbuhan yang berguna bagi manusia.

  1. Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan satu dari jenis teknologi konservasi air yang berbentuk seperti sumur tradisional namun bukan digunakan untuk mengambil air tetapi untuk menyerap air lalu diresapkan kembali ke tanah yang umumnya biasa dibuat pada lokasi pertokoan, kantor atau fasilitas publik. Batu cadas ini digunakan sebagai salah satu bahan utama sumur yang dikombinasikan dengan batu kali, batako atau beton sehingga sumur resapan ini nantinya bisa difungskan untuk tempat air mengalir kemudian meresap khususnya saat musim pengujan.

  1. Pembuatan Jalan

Meskipun tidak termasuk jenis bebatuan yang kuat, namun batu cadas ini bisa dipergunakan sebagai bahan pembuatan jalan seperti jalan kecil dan bukan untuk jalan utama karena batu cadas ini mengandung kapur yang tidak terlalu tahan apabila digunakan untuk manfaat jalan raya utama kendaraan berat dan besar.

  1. Tempat Bertumbuhnya Berbagai Tanaman

Tanaman seperti rumput yang tumbuh diatas permukaan batu cadas ini akan tumbuh dengan kuat sebab bagian akar rumput akan masuk ke dalam celah batu sehingga bisa tumbuh dengan kuat. Ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya longsor dan mencegah banjir sebab akar rumput yang tertanam dalam di batu akan menyerap air lebih banyak dibandingkan jika rumput tumbuh di tanah.

  1. Bahan Pembuatan Batu Akik

Batu cadas juga berguna sebagai bahan pembuatan beberpa jenis batu akik seperti batu kinyang yang berwarna putih bening seperti es dan berkilauan jika terkena cahaya karena kandungan air tinggi serta beberapa jenis batu akik lainnya yang memiliki nilai jual tinggi dibandingkan bahan mentahnya yakni batu cadas dan manfaat batu akik bisa dipergunakan oleh manusia khususnya kolektor batu. Kandungan mineral yang ada dalam batu cadas ini akan memberikan berbagai warna dan corak menarik pada batu sehingga tercipta berbagai jenis batu akik.

Itulah tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai manfaat dari batu cadas untuk kehidupan manusia seperti pondasi bangunan, bahan pembuatan sumur bahkan menjadi bahan utama dalam pembuatan batu akik. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *