Kelebihan Paving Block

Perawatan mudah

Dibanding jenis penutup dan pengerasan tanah lainnya, paving block juga sangat mudah perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, Anda hanya perlu menyikatnya dengan sabun colek dan air bersih.

Namun, jika sudah terlanjur berlumut, Anda dapat membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan fungisida. Atau bisa juga membasahinya dengan taburan semen bubuk.

Tapi, bila ingin menghemat biaya, cukup dengan menggunakan kapur bangunan, lalu tebarkan di atas paving block yang sudah dibasahi air. Lakukan cara ini disaat matahari terik.

Berdaya serap baik

Meski kelihatannya pemasangan paving block dibuat terkunci, akan tetapi pelapis tanah ini memiliki daya serap air yang baik. Tak ayal keseimbangan air tanah tetap terjaga sehingga mampu menopang beban diatasnya.

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan paving block sebagai material carport yakni menjamin ketersediaan air tanah bersih, agar bisa dibor atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Selain itu karena bobotnya lebih ringan dibanding beton atau aspal, maka paving block dapat menjadi satu penopang utama agar pondasi bangunan khususnya rumah tetap stabil.

Mudah diganti

Tidak ada bahan bangunan yang bisa bertahan sempurna lebih dari lima tahun, begitupun dengan paving block. Saat terjadi kerusakan atau cacat berat, material bangunan ini sangat mudah untuk diganti.

Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengangkat bagian yang rusak, lalu ganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, saat memutuskan menggunakan bahan bangunan ini sebagai lantai teras, sebaiknya simpan dua atau tiga paving block sebagai cadangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *